Widget HTML Atas

Cek Biaya Kuliah di Al Azhar Mesir Non Beasiswa Melalui 2 Jalur Berbeda

Kuliah di kampus Al Azhar yang ada di Mesir, merupakan impian setiap mahasiswa. Namun Kamu perlu tahu biaya kuliah di Al Azhar Mesir non beasiswa bila ingin melanjutkan pendidikan dengan jalur reguler.

Pastinya biaya yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan di kampus tersebut tidaklah sedikit. Akan tetapi Kamu bisa melakukan pendaftaran melalui 2 jalur berbeda untuk kuliah di kampus tersebut. Lebih detailnya, simak informasi berikut yang ada dibawah.

Kampus Al Azhar di Mesir

Biaya Kuliah di Al Azhar Mesir Non Beasiswa
Ilustrasi biaya kuliah di universitas
al Azhar non beasiswa

Sampai saat ini, banyak sekali siswa atau mahasiswa yang memiliki impian untuk kuliah atau menempuh pendidikan di Mesir. Lebih tepatnya di kampus Al Azhar yang terletak di kota Kairo, Mesir. Kampus ini merupakan tempat pendidikan tertua di kota tersebut.

Selain itu, kampus tersebut merupakan pusat untuk belajar Sastra Arab.

Bahkan kampus tersebut juga merupakan tempat terbaik untuk Pengkajian Isa Sunni tingkat dunia. Jurusan dan Fakultas di Kampus ini juga begitu beragam. Jadi Kamu bisa memilih pendidikan sesuai dengan keinginan atau minat yang ada.

Beberapa fakultas atau jurusan yang ada di kampus Al Azhar yaitu Syariah Wal Qonun, Dirasat Islamiyah, Bahasa Arab dan juga Ushuluddin. Selain itu, di kampus Al Azhar ini juga telah tersedia strata 1 (S1) sampai dengan magister (S2).

Kamu bisa melanjutkan pendidikan di kampus ini melalui 2 jenis pendaftaran. Dimana 2 jenis ini yaitu, pendaftaran melalui jalur beasiswa dan juga secara reguler. Pastinya jika Kamu mengikuti jalur beasiswa akan banyak tes yang harus dilalui.

Biaya Kuliah di Al Azhar Mesir Non Beasiswa

Seperti pembahasan sebelumnya, Kamu bisa kuliah atau menempuh pendidikan di kampus tertua yang ada di mesir dengan menggunakan 2 jalur. Dimana jalur yang dapat ditempuh yaitu Beasiswa dan Reguler.

Namun jika ingin mendaftar menjadi mahasiswa di kampus tersebut dengan jalur reguler, pastinya biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Sampai detik ini, tidak sedikit orang yang mencari tahu biaya kuliah non beasiswa di Al Azhar Mesir.

Jika Kamu ingin mendaftar secara reguler, masih ada 2 jalur yang bisa dipilih yaitu:

1. Melalui Jalur Pendaftaran PUSIBA

Mahasiswa yang berkeinginan melanjutkan studi di Mesir dapat mengikuti pendaftaran dengan jalur PUSIBA ini. Dimana PUSIBA ini merupakan singkatan dari Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab yang ada di Indonesia.

Di tanah air sendiri merupakan cabang dari markas Syeikh Zayed yang letaknya ada di Mesir. PUSIBA ini, merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Kampus Al Azhar langsung. Jika Kamu mengambil jalur ini, maka harus ikut dalam kelas bahasa Arab.

Jadi, saat berangkat ke kota Mesir, Kamu sudah dapat menguasai bahasa yang digunakan disana. Jika saat mengikuti kelas tersebut, Kamu tidak lulus ketika dites, maka sudah pasti belum bisa melanjutkan pendidikan ke Universitas Al Azhar yang ada di Mesir.

Biaya kuliah di Al Azhar Mesir non beasiswa melalui jalur PUSIBA ini yang harus dipersiapkan yaitu 23 sampai dengan 25 juta rupiah. Dimana rincian dari biaya tersebut yaitu sebagai berikut:
  • Penempatan Level sebesar 1,35 juta rupiah.
  • Daftar ulang sekitar 2 juta rupiah.
  • Pendidikan, asrama dan makan selama di Al Azhar sebesar 4,9 juta rupiah.
  • Sedangkan untuk berangkat ke negara tersebut diperkirakan mencapai 14 sampai 16 juta rupiah.

2. Melalui Jalur Pendaftaran Kementrian Agama

Selain mendaftar melalui jalur PUSIBA, Kamu juga dapat mencoba untuk daftar menempuh jalur Kementerian Agama RI. Biasanya, Kementerian Agama yang ada di negara Indonesia ini akan membuka kuota pendaftar sebanyak 1000 sampai 1500 mahasiswa di kampus Al Azhar.

Jadi bagi Kamu yang ingin mendaftar kuliah untuk melanjutkan pendidikan di kampus tersebut, bisa dengan mengikuti jalur Kemenag tersebut. Namun meskipun kuota calon mahasiswa yang diambil cukup banyak, bukan berarti tidak ada tes dalam proses pendaftarannya.

Untuk melanjutkan pendidikan di kampus yang terkenal di negara Mesir melalui jalur Kemenag ini tetap harus melewati berbagai tes. Dimana tes yang diwajibkan untuk diikuti oleh peserta pendaftar yaitu Bahasa Arab.

Sedangkan calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan harus membayar biaya awal yaitu sekitar 14 sampai dengan 16 juta rupiah. Biaya tersebut merupakan biaya transport untuk berangkat ke negara Mesir tersebut.

Sedangkan untuk biaya keperluan pendidikan di selama di negara tersebut akan disampaikan langsung oleh pihak kampus Al Azhar ketika sudah diterima. Biasanya biaya pendidikan yang akan ditanggung itu sudah termasuk juga asrama dan makan.

Nah itulah perkiraan biaya kuliah di Al Azhar Mesir non beasiswa yang perlu dipersiapkan jika Kamu ingin melanjutkan pendidikan. Semoga perkiraan biaya dan jenis jalur pendaftaran untuk kuliah di Al Azhar Mesir ini bisa membantu.