Widget HTML Atas

Penjelasan Terkait Wakaf Alquran Paling Lengkap

Banyak orang melakukan amal jariyah ke fakir miskin tapi lupa bahwa ada perbuatan yang bisa jadi amal jariyah lainnya. Perbuatan tersebut adalah wakaf alquran. Pahala yang didapatkan bagi orang yang mewakafkan alquran akan terus mengalir selama alquran itu dibaca.

Untuk mewakafkan alquran dilakukan tidak sembarangan, ada rukun dan tata caranya. Bagi kamu yang masih bingung dan punya banyak pertanyaan, silahkan baca penjelasannya berikut:

Wakaf Alquran
Yuk wakaf Al Quran di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Pengertian Wakaf Alquran

Mulai dari pembasahan arti dari wakaf alquran adalah ibadah yang dilakukan dengan memberikan alquran diniatkan karena Allah SWT. Untuk wakafnya sendiri bisa disalurkan ke masjid, mushola atau masyarakat pedalaman untuk mendakwahkan Islam.

Dari segi bahasa kata wakaf berasal dari waqif yang artinya menahan diri. Kereelaan melepas sebagian hartanya untuk dijadikan kepemilikan bersama agar lebih banyak manfaat disebut wakaf. Tentunya bentuk wakaf harus digunakan untuk kegiatan positif.

Baca juga: Bagaimana hukum sholat subuh kesiangan? Berikut penjelasan

Mewakafkan alquran yang bermanfaat dan digunakan untuk kebajikan sama pahalanya dengan wakaf tanah. Hadist shohih dari Muslim dan Ibnu Majah sudah ada yang menjelaskan tentang pahala mewakafkan alquran.

Hukum Wakaf Alquran untuk Kedua Orang Tua

Pembahasan kedua terkait Wakaf alquran untuk orang tua boleh atau tidak dan bagaimana hukumnya. Pernah suatu ketika ada seseorang bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang wakaf untuk orang tua. Nabi SAW menjawab bahwa bukan sekedar boleh tapi dianjurkan.

Bukan hanya orang tua yang merasakan kebaikan di alam barzah namun juga kita selama di dunia. Mungkin kamu merasa tidak punya banyak harta jika harus wakaf tanah dan benda lainnya. Dengan mewakafkan satu alquran tapi dibaca terus maka selama itu kebaikan akan mengalir.

Keutamaan Wakaf Alquran di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Tempat suci identik dengan tempat terbaik untuk wakaf alquran contohnya di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Wakaf alquran di masjid nabawi hukumnya sunah dan diutamakan. Orang yang melakukan ibadah haji atau umrah kerap kali mewakafkan alquran agar dibaca pengunjung lain.

Waqaf alquran di masjidil haram hukumnya juga sama dan punya keutamaan khusus dibanding sunah lainnya. Selain itu jika kita bisa beribadah di Masjid Nabawi pahalanya dikalikan 1000 kali lipat. Sedangkan bagi yang beribadah di Masjidil Haram 100 ribu kali lipat.

Hukum Wakaf Alquran untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Pertanyaan tentang wakaf alquran lainnya adalah bagaimana jika wakaf quran untuk orang yang sudah meninggal?. Mengenai jawabannya, ada beberapa perbedaan kecil menurut para sahabat. Karna wakaf salah satu rukunnya adalah harus ada akad maka berikut jawabannya:
  • Ibnu Umar : Memperbolehkan wakaf untuk orang yang sudah meninggal. Hadiah wakaf juga boleh diberikan kepada orang yang masih hidup. Penjelasan wakaf untuk orang meninggal menurut Ibnu Umar tercatat dalam kitab Irsyadul Ibad.

  • Khatib Al-Syarbini : Sependapat dengan Ibnu Umar, Khatib Al-Syarbini juga memperbolehkannya. Pahala yang mengalir akan sama ketika manusia masih hidup di dunia.

  • HR Bukhori : Terdapat sebuah hadist yang menjelaskan bahwa seseorang sedang bersedih karena ibunya meninggal. Kemudian orang tersebut bertanya pada Rasulullah SAW apakah boleh sedekah dengan nama ibunya. Rasulullah SAW menjawab boleh. Sejatinya bukan hanya wakaf untuk orang tua saja namun untuk siapa saja.

Larangan pada Benda Wakaf

Di lapangan terdapat berbagai larangan pemanfaatkan benda wakaf dan yang paling sering adalah tanah. Contohnya tanah diwakafkan untuk yayasan agar membangun pesantren tapi anaknya tidak terima. Masalah lainnya yang sering muncul adalah perluasan harta benda wakaf.

Dalam peraturan perundagan ada larangan untuk benda wakaf. Larangan tersebut yakni dijadikan jaminan, disita, dihibahkan, dijual, diwariskan, ditukar dan dialihkan.

Khusus untuk menukarkan harta benda wakaf diperbolehkan asal memenuhi syariat Islam. Izinnya juga melalui Menteri Agama dan harta benda pengganti punya manfaat lebih. Tujuan utama wakaf adalah demi kemaslahatan umah sehingga aturan di atas perlu diberlakukan.

Hukum Wakaf Alquran dalam Islam

Segala bentuk wakafnya dalam Islam hukum wakaf adalah sunah muakkad yang artinya dianjurkan. Siapa saja yang ingin melakukan kebajikan mengalir maka disarankan untuk wakaf. Salah satu ayat alquran yang menjelaskan hukum wakaf adalah surat Ali Imran ayat 92.

Bentuk dari wakaf itu sendiri masuk kategori kebajikan tolong menolong. Pembaca alquran hasil wakaf dari seseorang juga memberikan pahala pada waqif. Sampai meninggal nanti ketika alquran dipakai untuk belajar dan diajarkan ke anak selama itu juga pahala akan mengalir.

Syarat Wakaf dalam Islam

Ada empat syarat wakaf dalam Islam termasuk wakaf alquran yaitu merdeka, berakal, baligh dan rasyid. Syarat sah yang ditulis diatas menunjukkan jika untuk mewakafkan harta tidak perlu dipaksakan. Orang yang masih lemah secara ekonomi tidak dianjurkan wakaf.

Begitu juga dengan orang yang bodoh atau lemah ingatannya maka tidak sah melakukan wakaf. Ditakutkan orang yang tidak berakal mewakafkan harta bukan miliknya sediri. Terakhir makna rasyid adalah orang yang mampu bertindak secara hukum.

Benda yang diwakafkan juga wajib memenuhi syarat sah. Syaratnya juga ada empat yang pertama wajib harta berharga. Kedua adalah harta yang diwakafkan kadarnya jelas dan terukur. Contohnya untuk wakaf alquran adalah tahu berapa jumlah alqurannya.

Ketiga, harta milik sendiri dan keempat tidak boleh melekat pada harta lain. Jadi, sebelum memutuskan wakaf coba cari tahu terlerbih dahulu hartanya apakah berkaitan dengan harta lain

Rukun Wakaf dalam Islam

Rukun wakaf pertama adalah pewakaf, maufuq, maufuq alaih dan sighat. Untuk rukun wakaf adalah. Terkait dengan pewakaf harus memenuhi syarat seperti yang disebutkan sebelumnya. Lalu untuk maufuq adalah harta yang diwakafkan halal dan sah.

Baca juga: Wakaf Al Qur'an di Masjidil Haram

Ketiga maufuq alaih adalah penerima wakaf harus disebutkan orang atau lembaganya. Apabila tidak disebutkan untuk apa maka wakaf akan diberikan kepada fakir miskin di kantor mereka. Terakhir sighat atau perkataan yang bisa dilakukan secara lisan atau tulisan.

Penjelasan Ikrar Wakaf atau Sighot

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana contoh dari ikrar wakaf. Dari segi agama ikrarnya menjelaskan nama dan barang yang diwakafkan. Tapi Pemerintah Indonesia mengatur lebih detail tentang wakaf yang harus dibuat akta ikrarnya demi menghindari perselisihan.

Isi dari akta ikrar wakaf adalah identitas pewakaf (waqif), pengelolaan wakat (nadzir) dan data harga wakaf. Tak lupa juga harus dituliskan tujuan harta diwakafkan dan jangka waktunya. Apabila dibutuhkan beberapa poin tambahan maka tinggal dituliskan lagi.

Paling banyak pihak yang membuat akta ikrar wakaf adalah wakaf tanah dan harta benda. Khusus wakaf alquran, ikrarnya tidak terlalu panjang karena tidak meliputi harta berharga. Tapi tetap saja dituliskan berapa jumlah alquran yang diwakafkan.

Itu dia penjelasan dari pertanyaan yang sering muncul terkait wakaf alquran. Penuhi kebutuhan hidup kamu terlebih dahulu baru memikirkan wakaf . Mewakafkan harta benda apalagi alquran bukan hal biasa yang bisa dilakukan semaunya.